gakpaketelor

Foto oleh Caspar Rubin dari Unsplash
Mohammad Khoirul Huda

Grafik Perkembangan Angka Kasus Aktif Covid-19 di 34 Provinsi

Grafik Perkembangan Angka Kasus Aktif Covid-19 di 34 Provinsi
Protective masks, normally used for surgery, are now in use to fight the Corona Virus SARS-nCov-19. (Photo by Mika Baumeister on Unsplash)

Bulan Juni ini pemerintah sudah mulai melonggarkan kegiatan di luar rumah, beberapa daerah sudah mengakhiri masa PSBB-nya. Era “New Normal” pun sudah dimulai.

Kali ini kita akan melihat perkembangan kasus aktif atau pasien yang sedang dalam perawatan Covid-19. Kategori dalam perawatan di sini adalah semua yang masih terkonfirmasi positif Covid-19, entah itu pasien yang sedang dalam perawatan intensif di rumah sakit ataupun karantina mandiri di rumah masing-masing.

Grafik berikut ini hanya sebagai gambaran awam yang berguna untuk melihat jumlah kasus aktif Covid-19 itu masih berapa banyak sih? Karena jika kita hanya fokus melihat grafik angka kumulatif positif Covid-19, maka angkanya tidak akan pernah turun.

Sebenarnya grafik perkembangan angka pasien dalam perawatan bukan serta merta menjadi petunjuk sahih bahwa tren sebaran Covid-19 sudah menurun apa belum. Ada banyak variabel yang harus dilihat jika tujuannya untuk itu, seperti angka kesembuhan seberapa banyak tes yang dilakukan, berapa banyak populasi, dan lain-lain.

Angka kasus aktif di sini didapat dari jumlah kasus konfirmasi positif suatu daerah dikurangi angka kesembuhan dan angka kematian.

Sekali lagi bahwa angka-angka berikut bersumber dari rilis nasional, bukan dari data yang dirilis tiap daerah.

Terakhir diperbaharui: 29/06/2020

Data Kumulatif Kasus Aktif Nasional

Data Kumulatif Kasus Aktif 5 Provinsi Tertinggi

11 Provinsi Tertinggi Berikutnya

Sumber data: KawalCOVID19.id